BIDANG
STUDI KEAHLIAN : TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
PROGRAM
STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN INFORMATIKA
PAKET
KEAHLIAN : MULTIMEDIA
NO.
|
MATA
PELAJARAN
|
KOMPETENSI
DASAR
|
|||
KI
1
(SIKAP
RELEGIUS)
|
K2
(SIKAP
SOSIAL)
|
K3
(KETERAMPILAN)
|
K4
(PENGETAHUAN)
|
||
1.
|
Fisika
|
|
|
·
Mengukur
besaran-besaran pokok dan turunannya
·
Menerapkan
analisis dimensional dan vektor untuk membantu menyelesaikan persoalan fisika
·
Menerapkan
hukum Newton untuk gerak lurus berubah beraturan
·
Menghitung
gerak translasi dan rotasi
·
Menghitung
keseimbangan benda tegar
·
Menerapkan
hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan
·
Menyelesaikan
persoalan tumbukan
·
Menghitung
usaha, energi dan daya
·
Menentukan
kekuatan bahan
·
Menerapkan
hukum-hukum fluida statik dan dinamik dalam kehidupan sehari–hari
·
Menguasai
pengaruh kalor terhadap zat
·
Melakukan
perhitungan yang berkaitan dengan suhu dan kalor
·
Melakukan
perhitungan berdasarkan hukum termodinamika untuk berbagai proses
·
Menerapkan
konsep gelombang dalam kegidupan sehari–hari dan teknologi
·
Menguasai
hukum kelistrikan arus searah
·
Menguasai
hubungan antara tegangan, hambatan, dan arus
·
Menghitung
daya dan energi listrik arus searah
·
Menguasai
hokum-hukum kemagnetan dan melakukan perhitungan sederhana
·
Menguasai
hukum kelistrikan arus bolak-balik
·
Menguasai
hubungan antara tegangan, impedansi, dan arus listrik bolak-balik
·
Menghitung
daya dan energi listrik arus bolak-balik
·
Menggunakan
hukum pemantulan dan pembiasan cahaya
|
·
Memahami
gerak lurus dengan kecepatan tetap dan gerak lurus dengan percepatan tetap
·
Memahami
gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut
tetap
·
Menggambarkan
gerak dalam grafik
·
Memahami
hukum Newton dan konsep gaya
·
Memahami
konsep gerak translasi dan rotasi
·
Memahami
konsep keseimbangan benda tegar
·
Memahami
konsep impuls dan hukum kekekalan momentum
·
Memahami
konsep usaha, energi dan daya
·
Memahami
hukum kekekalan energi
·
Memahami
konsep elastisitas bahan
·
Menguasai
hukum Hooke
·
Memahami
hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik
·
Memahami
konsep suhu dan kalor
·
Mengenal
cara perpindahan kalor
·
Mendeskripsikan
sifat–sifat gas ideal dan persamaan keadaan gas
·
Memahami
hukum-hukum termodinamika
·
Memahami
konsep dan prinsip–prinsip gejala gelombang secara umum
·
Membedakan
jenis-jenis gelombang
·
Membedakan
konsep listrik statis dan dinamis
·
Menjelaskan
penerapan listrik statis dan dinamis
·
Mengenal
gejala kemagnetan
·
Mengenal
penggunaan magnet dan elektromagnet dalam teknologi
·
Memahami
ciri–ciri cermin dan lensa
·
Mengenal
penggunaan alat–alat optik dalam kehidupan sehari–hari dan teknologi
·
Mengenal
teori relativitas khusus Einstein dan penerapannya
·
Mendeskripsikan
gejala-gejala fisis yang mendorong timbulnya konsep-konsep kuantum
·
Memahami
perkembangan teori atom
·
Mengenal
inti atom dan gejala radioaktivias
·
Memahami
penggunaan radioaktivitas dalam kehidupan sehari–hari
|
2.
|
Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3LH)
|
|
|
·
Melaksanakan
prosedur K3
·
Menerapkan
konsep lingkungan hidup
·
Menerapkan
pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K)
|
· Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)
|
3.
|
Sistem
Komputer
|
|
|
·
Menuliskan sistem bilangan dalam bidang komputer (Desimal, Biner,
Oktal, Heksadesimal)
·
Mengkonfigurasi Bilangan (Desimal, Biner, Octal, Heksadesimal)
·
Menggambarkan gerbang logika dasar
·
Menyederhanakan rangkaian logika dasar
·
Menerapkan operasi penjumlahan dan pengurangan
·
Merangkai rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
·
Menguji rangkaian multiplexer, Flip Flop dan Counter
·
Melakukan operasi
penjumlah setengah (half Adder)
·
Melakukan operasi
penjumlah penuh (Full Adder)
·
Melakukan operasi
Penjumlah dan Pengurang (Ripple Carry Adder)
·
Menggambarkan struktur mesin Von Neumann
·
Menggambarkan struktur interkoneksi komputer
·
Mengambarkan sistem bus pada sistem komputer
·
Menggambarkan minimal sistem komputer
·
Menggambarkan hirarki memory
·
Menggambarkan prinsip kerja metode penyimpanan pada media magnetik
·
Menggambarkan alur/proses Interrupt control Intel 8259A, 8255A dan DMA
·
Menuliskan jenis Operand dan Operasi dalam bahasa mesin
·
Menggambarkan organisasi processor dan register
·
Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - Memory
·
Membuat listing program untuk membaca dan menulis data CPU - I/O
|
·
Menjelaskan fungsi sistem bilangan pada komputer
·
Menjelaskan cara mengkonversi bilangan (Desimal, Biner, Octal,
Heksadesimal)
·
Menjelaskan logika Gerbang Dasar (AND, OR dan NOT).
·
Menjelaskan logika Gerbang Kombinasi (NOR, NAND)
·
Menjelaskan operasi Aritmatika
·
Menjelaskan operasi Penjumlahan dan pengurangan
· Memahami
prinsip kerja multiplexer.
· Memahami
prinsip kerja flip-flop
· Memahami
aplikasi flip-flop pada rangkaian logika
· Memahami macam-macam counter
·
Memahami pemakaian
memori dalam suatu sistem mikrokomputer
·
Memahami perbedaan
antara Statis dan Dinamis RAM
·
Menjelaskan sistem
Arithmatic Logic Unit (ALU)
· Memahami
prinsip kerja penjumlah setengah (Half Adder) dan penjumlah penuh (Full
Adder)
·
Menjelaskan konsep organisasi dan arsitektur komputer
·
Menjelaskan komponen-komponen Komputer
·
Menjelaskan sistem Interkoneksi bus
·
Menjelaskan sistem hirarki memori
·
Menjelaskan berbagai media penyimpanan
·
Menjelaskan prinsip kerja IDE, SCSI dan RAID
·
Menjelaskan modul-modul I/O
·
Menjelaskan Interupt Control Intel 8259A, 8255A dan DMA
·
Menjelaskan
Organisasi Prosesor dan register
·
Menjelaskan Siklus
Instruksi
·
Memanipulasi data
dari Register ke Memory dan sebaliknya
·
Memanipulasi data
dari Memory ke I/O dan sebaliknya
·
Memanipulasi data
dari Register ke I/O dan sebaliknya
|
4.
|
Perakitan
Komputer
|
|
|
·
Menentukan
spesifikasi komponen komputer personal
·
Membuat
peta tata letak komponen
·
Mengurutkan
langkah-langkah perakitan komputer
·
Memasang
komponen komputer
·
Mengkonfigurasi
BIOS sesuai kebutuhan
·
Menguji
komputer yang telah dirakit menggunakan BIOS Setup
·
Menyambung
beberapa jenis periferal yang berbeda menggunakan software
|
· Menjelaskan perangkat keras komputer
· Menjelaskan langkah langkah-langkah instalasi sesuai
buku panduan instalasi
|
5.
|
Sistem
Operasi
|
|
|
·
Menunjukkan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
·
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Clean Install
·
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Upgrade
·
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Multibooting
·
Melakukan instalasi sistem operasi dengan metode Virtualisasi
·
Melakukan Instalasi
sistem Operasi berbasis GUI
·
Mengoperasikan sistem
operasi berbasis GUI
·
Melakukan Instalasi
driver Motherboard (disk drive, DVD/CD ROM drives, Keyboard,
Mouse, Processor, Sound Card, Video game controller, VGA, NIC, USB)
·
Melakukan konfigurasi Kartu Jaringan
·
Melakukan pengujian konektifitas jaringan,
misalnya menggunakan perintah Ping
·
Melakukan Instalasi
Software Aplikasi
·
Menggunakan software
Aplikasi
·
Melakukan instalasi
software utility (partition magic, antivirus)
·
Melakukan update
Antivirus
· Mengidentifikasi
peripheral komputer
· Menghubungkan
peripheral dengan komputer menggunakan media yang sesuai
· Melakukan
instalasi driver
· Menyiapkan
bahan uji kelengkapan peripheral (misalnya kertas, tinta, modem, kartu model)
·
Mengujia peripheral yang
terlah tersambung ke komputer
|
·
Menjelaskan pengertian dan fungsi Sistem Operasi
·
Menjelaskan struktur sistem
operasi
·
Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis GUI
·
Menjelaskan macam-macam sistem operasi berbasis Text
·
Menjelaskan jenis-jenis metode instalasi sistem operasi
·
Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Clean Install”
·
Menjelaskan Metode instalasi sistem operasi ”Upgrade”
·
Menjelaskan metode ”Multibooting”
·
Menjelaskan metode ”Virtualisasi”
·
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI
·
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi driver
·
Menjelaskan
langkah-langkah enginstalasi driver Motherboard (disk drive,
DVD/CD ROM drives, Keyboard, Mouse, Processor, Sound Card, Video game
controller, USB)
·
Menjelaskan
langkah-langkah mengkonfigurasi IP pada Kartu jaringan
·
Menjelaskan cara
menguji konekstifitas jaringan
·
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi software
aplikasi,
·
Menjelaskan cara
menginstalasi software Aplikasi
·
Menjelaskan cara
menggunakan software aplikasi
·
Menjelaskan
langkah-langkah instalasi software
utility (partition magic, antivirus)
·
Menjelaskan
langkah-langkah menginstalasi software utility (antivirus)
·
Menjelaskan
langkah-langkah mengupdate antivirus
· Menjelaskan
tentang peripheral komputer
· Menjelaskan
cara menghubungkan peripheral dengan komputer
· Menjelaskan
fungsi driver pada peripheral
· Menjelaskan
cara menginstal driver
· Menjelaskan
kelengkapan peripheral.
· Menjelaskan
cara menguji peripheral yang telah diinstall
|
6.
|
Pengelolaan
Informasi
|
|
|
·
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak pengolah kata
·
Menggunakan
fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak pengolah kata
·
Melakukan
editing sederhana terhadap dokumen (mengetik dan memformat huruf, penjajaran
teks, penomoran, penggunaan kolom)
·
Menggunakan
fitur isian berulang (header, footer, page numbering)
·
Melakukan
editing tingkat lanjut (menyisipkan gambar, tabel, mail merge)
·
Mencetak
dokumen dengan parameter standar
·
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak lembar sebar
·
Menggunakan
fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak lembar sebar
·
Melakukan
editing lembar kerja (mengubah, menghapus, menambah, memindah isi sel)
·
Mengatur
format tampilan teks dan angka
·
Melakukan
operasi aritmatika (penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian)
·
Melakukan
operasi logika (if, if bertingkat)
·
Menggunakan
rumus dan fungsi tingkat lanjut (vlookup, hlookup)
·
Membuat
grafik dari tabel data
·
Mencetak
lembar kerja
·
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak presentasi
·
Menggunakan
fitur-fitur pengelolaan dokumen perangkat lunak presentasi
·
Membuat
dan mengubah lay out dan isian standar berulang melalui slide master
·
Membuat
presentasi teks dengan variasi tabel, grafik, gambar dan diagram
·
Membuat
presentasi teks dengan variasi audio dan audio
·
Memberi
efek animasi pada tampilan slide presentasi
·
Mencetak
dokumen presentasi sebagai slide dan handout
·
Mengenali
menu serta tombol shortcut web browser
·
Menemukan
informasi menggunakan search engine
·
Melakukan
komunikasi menggunakan email
·
Mengenali
menu serta tombol shortcut perangkat lunak aplikasi grafis
·
Membuat
grafis dengan berbagai variasi warna, bentuk dan ukuran
|
·
Menjelaskan
jenis dan fungsi perangkat lunak pengolah kata
·
Menjelaskan
jenis dan fungsi perangkat lunak lembar sebar
·
Menjelaskan
pemanfaatan dan fungsi program presentasi sebagai alat bantu yang efektif
·
Menjelaskan
konsep dasar web browser
·
Memahami
alamat web dan hyperlink
·
Menjelaskan
email dan etika berkomunikasi menggunakan email
·
Menjelaskan
pengertian grafis berbasis bitmap dan grafis berbasis vektor
|
7.
|
Jaringan
Dasar
|
|
|
·
Menerapkan
media jaringan
·
Membuat
desain jaringan
·
Melakukan
instalasi perangkat jaringan lokal
·
Mendiagnosa
permasalahan pengoperasian PC yang tersambung pada jaringan lokal
·
Melakukan
perbaikan koneksi jaringan
·
Melakukan
setting ulang koneksi jaringan
·
Melakukan
pengaturan traffic bandwidth pada jaringan
|
· Menjelaskan
konsep jaringan komputer
· Menjelaskan
protokol jaringan
· Menjelaskan
piranti jaringan
·
Menjelaskan topologi jaringan
|
8.
|
Pemrograman
Dasar
|
|
|
·
Menerapkan
algoritma dalam menulis bahasa pemograman
·
Menginstalasi
bahasa pemrograman
·
Menulis
bahasa pemrograman sesuai struktur program
·
Mengoperasikan
variabel dengan jenis-jenis operator yang ada
·
Memecahkan
permasalahan dengan algoritma pengambilan keputusan
·
Memecahkan
masalah dengan algoritma pengulangan proses
·
Menerapkan
fungsi dalam pemrograman yang tersruktur
·
Menerapkan
penggunaan array berdimensi satu, dua dan berdimensi banyak
·
Menerapkan
operasi-operasi String dalam menyelesaikan masalah
·
Menggunakan
pointer dalam memanipulasi data
|
·
Menjelaskan
algoritma dalam pemrograman
·
Menjelaskanproses
kompilasi dan linking
·
Menjelaskan
penggunaan tipe data dalam pemrograman
·
Menjelaskan
algoritma pengambilan keputusan
·
Menjelaskan
algoritma pengulangan data
·
Memahamkan
proses pembuatan fungsi
·
Memahamkan
konsep array dalam penyimpanan di memori
·
Memahamkan
tipe data String dan operasinya
·
Menjelaskan
konsep pointer
|
9.
|
Pemrograman
Web
|
|
|
·
Menerapkan
elemen-elemen dasar HTML untuk memformat halaman web
·
Menerapkan
elemen HTML table untuk layout halaman web
·
Menerapkan
elemen HTML frame untuk layout halaman web
·
Menerapkan
elemen HTML layer untuk layout halaman web
·
Menerapkan
link untuk berbagai fungsi pada halaman web
·
Menambahkan
obyek-obyek multimedia ke dalam halaman web
·
Menerapkan
pemrograman client side dalam halaman web
·
Merancang
form untuk menangkap masukan data (input) dari pengguna
·
Menerapkan
pemrograman client side untuk validasi masukan data
·
Menerapkan
pemrograman server side ke dalam halaman web
·
Menerapkan
pemrograman server side untuk validasi masukan data
|
·
Menjelaskan
konsep teknologi Web page
·
Menjelaskan
kebutuhan software pemrograman web
·
Membuat
struktur menu web (site map)
·
Menjelaskan
struktur dokumen HTML
·
Menjelaskan
penggunaan pemrograman dalam halaman web
·
Menjelaskan
penggunaanpemrograman di sisi client (client side) untuk menambah
interaktifitas web
·
Menjelaskan
penggunaan pemrograman di sisi server(server side) untuk mengolah data input
dari pengguna
|
10.
|
Desain
multimedia
|
|
|
·
Menggambar sketsa
·
Menggambar perspektif
·
Menggambar bentuk
·
Menggambar ilustrasi
|
·
Memahami etimologi multimedia
·
Memahami alir proses produksi produk multimedia
·
Menjelaskan kaidah estetika dan etika seni grafis
(nirmana)
·
Memahami teori warna
·
Memahami layout dan grid
|
11.
|
Grafis
2 dimensi
|
|
|
·
Mengolah teks dengan
menggunakan software multimedia
·
Membuat desain teks untuk keperluan tertentu
·
Menggunakan desain teks
sebagai elemen multimedia
·
Menggunakan software grafik multimedia 2D
·
Menciptakan design
grafik Multimedia 2D
·
Mengedit gambar digital
·
Menampilkan karya seni
digital 2D
|
Memahami tipografi
|
12.
|
Teknik
Animasi Dasar
|
|
|
·
Membuat gambar kunci
·
Mengatur dan melengkapi gambar kunci
·
Menguasai cara menggambar clean up dan sisip
·
Menerapkan teknik frame by frame
·
Menerapkan teknik tweening
·
Menerapkan teknik masking
·
Menerapkan teknik guide
·
Memberi efek audio dalam animasi
|
Menjelaskan syarat animasi
|
|
|
·
Menggunakan perangkat lunak multimedia 3 dimensi
·
Membuat obyek 3 dimensi
·
Melakukan editing obyek 3 dimensi (pewarnaan,
tekstur, pencahayaan)
·
Membuat animasi 3 dimensi
·
Melakukan editing animasi 3 dimensi
·
Menampilkan obyek/animasi 3 dimensi dalam format
tertentu
|
Memahami konsep obyek 3 dimensi
|
||
13.
|
Komposisi
foto digital
|
|
|
·
Merencanakan alur isi storyboard
·
Membuat storyboard
·
Membuat model warna
·
Membuat setting lokasi
·
Menggunakan kamera digital
·
Mengoperasikan kamera SLR
·
Menata kabel-kabel kamera SLR
·
Membuat susunan karya seni foto digital menggunakan
teknik animasi stop motion (bidang datar)
|
·
Memahami
storyboard
·
Memahami
teknik pengambilan gambar menggunakan kamera
·
Memahami
animasi stop motion (bidang datar)
|
14.
|
Videografi
|
|
|
·
Mengoperasikan kamera video
·
Mengisi dan merawat battery selama pengambilan
gambar
·
Mengoperasikan clapper board
·
Merawat kamera video
·
Menerapkan efek pencahayaan sesuai kebutuhan
·
Menggunakan perangkat lunak editing video
·
Melakukan penyuntingan video
·
Mengolah video dengan memberikan efek khusus
|
·
Memahami
jenis-jenis kamera dan karakteristiknya
·
Memahami
teknik pengambilan gambar produksi
·
Menjelaskan
prosedur pengoperasian kamera video
·
Memahami
dasar tata cahaya
·
Memahami
cara penggunaan peralatan tata cahaya
·
Menjabarkan
format video
|
15.
|
Media
Interaktif
|
|
|
·
Menggunakan perangkat lunak audio digital
·
Merancang audio digital
·
Membangun track audio digital
·
Membuat rancangan layout
·
Memberi unsur interaktifitas dalam media
·
Menggunakan perangkat lunak multimedia interaktif
·
Mengolah image, animasi, audio, video ke dalam
sajian multimedia
·
Membuat media yang mudah digunakan, komunikatif dan
interaktif
|
·
Menjabarkan
format audio digital
·
Memahami
user interface
·
Memahami
konsep media interaktif
|
16.
|
Kerja
proyek
|
|
|
·
Merancang proyek pembuatan produk multimedia
·
Melakukan identifikasi kebutuhan proyek pembuatan
produk multimedia
·
Membuat estimasi sumber daya dan aktivitas
·
Membuat estimasi anggaran biaya
·
Membuat proposal penawaran
·
Mengimplementasikan proyek pembuatan produk
multimedia
·
Melakukan evaluasi jalannya proyek
·
Membuat laporan pelaksanaan proyek
|
·
Memahami
syarat-syarat proyek
·
Memahami cara melakukan estimasi sumberdaya
dan durasi aktivitas sebuah proyek
·
Memahami estimasi penganggaran dan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar